Soal dan Pembahasan Menentukan Luas Permukaan dan Volume Kubus dan Balok

Bangun ruang kubus dan balok merupakan materi  BAB 8 Kelas VIII Semester 2 kurikulum 2013. Sebelum masuk pada soal dan pembahasannya, berikut rumus-rumus yang digunakan dalam menyelesaikan soal-soal terkait bangun ruang kubus dan balok.
  • Luas permukaan kubus (L) = 6s²
  • Volume kubus (V) = s³
  • Luas permukaan balok (L) = 2(pl + pt + lt)
  • Volume balok (V) = p x l x t
Soal dan Pembahasan
Soal 1
Hitunglah luas permukaan kubus di samping.
Pembahasan:
Luas permukaan (L) = 6s²
L = 6 x 4²
L = 6 x 16
L = 96
Jadi, luas permukaan kubus tersebut adalah 96 cm².

Soal 2
Hitunglah luas permukaan balok ABCD.EFGH berikut ini.
Pembahasan:
Panjang (p) = 15 cm
Lebar (l) = 6 cm
Tinggi (t) = 8 cm
Luas permukaan (L) = 2(pl + pt + lt)
L = 2 ((15x 6) + (15x8) + (6x8))
L = 2(90 + 120 + 48)
L = 2(258)
L = 516
Jadi, luas permukaan balok ABCD.EFGH adalah 516 cm².

Soal 3
Tentukan volume kubus yang luas alasnya 49 cm².
Pembahasan:
Luas alas = s²
<=> 49 = s²
<=> s = √49
<=> s = 7
Volume (V) = s³
                    = 7³
                    = 343
Jadi, volumenya adalah 343 cm³.

Soal 4
Tentukan volume balok yang berukuran 13cm x 15cm x 17 cm.
Pembahasan:
Panjang (p) = 13 cm
Lebar (l) = 15 cm
Tinggi (t) = 17 cm
Volume (V) = p x l x t
                    = 13 x 15 x 17
                    = 195 x 17
                    = 3.315
Jadi, volume balok adalah 3.315 cm³.

Soal 5
Suatu balok memiliki luas permukaan 188 cm². Jika lebar dan tinggi balok masing-masing 8cm dan 6cm, tentukan panjang balok tersebut.
Pembahasan:
Luas permukaan (L) = 188 cm²
Lebar (l) = 8 cm
Tinggi (t) = 6 cm
Luas permukaan (L) = 2(pl + pt + lt)
<=> 188 = 2((p x 8) + (p x 6) + (8 x 6))
<=> 188/2 = (8p + 6p + 48)
<=> 94 = 14p + 48
<=> 14p = 94 - 48
<=> 14p = 46
<=> p = 46/14
<=> p = 3,28
Jadi, panjang balok adalah 3,28 cm

Soal 6
Perbandingan panjang, lebar dan tinggi sebuah balok adalah 4 : 3 : 2. Jika luas alas balok tersebut adalah 108 cm², maka hitunglah luas permukaan balok tersebut.
Pembahasan:
Perbandingan p : l : t = 4 : 3 : 2
Panjang (p) = 4a
Lebar (l) = 3a
Tinggi (t) = 2a
Luas alas = p x l
<=> 108 = 4a x 3a
<=> 108 = 12a²
<=> a² = 108/12
<=> a² = 9
<=> a = √9
<=> a = 3
Jadi, panjang = 4a = 4 x 3 = 12 cm
         lebar = 3a = 3 x 3 = 9 cm
         tinggi = 2a = 2 x 3 = 6 cm
Luas permukaan (L) = 2(pl + pt + lt)
<=> L = 2((12 x 9) + (12 x 6) + (9 x 6))
<=> L = 2(108 + 72 + 54)
<=> L = 2(234)
<=> L = 468
Jadi, luas permukaan balok adalah 468 cm².

Soal 7
Perbandingan panjang, lebar, dan tinggi sebuah balok adalah 5 : 3 : 4. Jika volume balok 480 cm³, maka tentukan luas permukaan balok tersebut.
Pembahasan:
Perbandingan p : l : t = 5 : 3 : 4
Panjang (p) = 5a
Lebar (l) = 3a
Tinggi (t) = 4a
Volume = p x l x t
<=> 480 = 5a x 3a x 4a
<=> 480 = 60a³
<=> a³ = 480/60
<=> a³ = 8
<=> a = 2
Jadi, panjang = 5a = 5 x 2 = 10 cm
         lebar = 3a = 3 x 2 = 6 cm
         tinggi = 4a = 4 x 2 = 8 cm
Luas permukaan (L) = 2(pl + pt + lt)
<=> L = 2((10 x 6) + (10 x 8) + (6 x 8))
<=> L = 2(60 + 80 + 48)
<=> L = 2(188)
<=> L = 376
Jadi, luas permukaan balok adalah 376 cm².

Soal 8
Perbandingan panjang, lebar dan tinggi sebuah balok adalah p : l : t = 5 : 2 : 1, jika luas permukaan balok 306 cm², maka tentukan besar volume balok tersebut.
Pembahasan:
Perbandingan p : l : t = 5 : 2 : 1
Panjang (p) = 5a
Lebar (l) = 2a
Tinggi (t) = a
Luas permukaan (L) = 2(pl + pt + lt)
<=> 306 = 2((5a x 2a) + (5a x a) (2a x a))
<=> 306/2 = 10a² + 5a² + 2a²
<=> 153 = 17a²
<=> a² = 153/17
<=> a² = 9
<=> a = √9
<=> a = 3
Jadi, panjang = 5a = 5 x 3 = 15 cm
         lebar = 2a = 2 x 3 = 6 cm
         tinggi = a = 3 cm
Volume balok (V) = p x l x t
                              = 15 x 6 x 3
                              = 270
Jadi, volume balok tersebut adalah 270 cm³

Itulah beberapa soal dan pembahasan menentukan luas permukaan dan volume kubus dan balok, mudah-mudahan dapat membantu siswa-siswa dalam menyelesaikan soal luas prmukaan dan volume kubus dan balok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel