Jawaban Post Test Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B

Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajar, dan berkarya. 

Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu bapak dan ibu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Ibu dan bapak guru dapat mengerjakan post test setelah menyelesaikan seluruh aktivitas, menyimak materi yang tersedia, latihan pemahaman dan cerita reflektif dari setiap modulnya.

Jawaban Post Test Modul 1 Perencanaan Pembelajaran SMP/Paket B, Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (SD, SMP, SMA/K)

Soal 1
Perhatikan langkah dalam penyusunan visi dan misi sekolah berikut:
  1. Wawancara.
  2. Pemilihan informasi yang relevan.
  3. Analisis karakteristik atau konteks sekolah.
  4. Merumuskan misi sekolah.
  5. Merumuskan visi sekolah.
Urutan yang tepat dalam menyusun visi dan misi sekolah adalah....
Jawaban : 1,2,3,5,4


Soal 2
Bu Meiske adalah kepala sekolah di lingkungan kota besar. Setelah melakukan wawancara, ia mendapatkan data harapan warga sekolah sebagai berikut:
  1. Sekolah melahirkan generasi yang positif dan semangat;
  2. Sekolah dapat melahirkan murid yang cerdas;
  3. Semua warga sekolah saling menghargai dan menghormati; dan
  4. Sekolah mencetak murid yang unggul dalam teknologi.
Dengan menganalisis konteks di atas, maka visi sekolah yang sesuai adalah?
Jawaban : Menjadi institusi terdepan dalam IPTEK, menciptakan lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.

Soal 3
Budaya sekolah itu merupakan pola asumsi-asumsi dasar, nilai, norma, dan keyakinan yang dipegang bersama oleh seluruh warga sekolah.
Jawaban : Benar

Soal 4
Pemerintah berupaya untuk mewujudkan lingkungan belajar sekolah yang nyaman dan aman dengan membuat beberapa peraturan terkait. Yang bukan merupakan aturan untuk mewujudkan hal tersebut , kecuali
Jawaban : Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Soal 5
Perhatikan beberapa komponen berikut:
  1. Merumuskan Alur Tujuan Pembelajaran
  2. Menguraikan Capaian Pembelajaran
  3. Menentukan Tujuan Pembelajaran
  4. Menentukan metode pembelajaran
  5. Memahami isi CP
  6. Menentukan rencana asesmen
Urutan yang direkomendasikan dalam membuat perencanaan pembelajaran dari Capaian Pembelajaran adalah...
Jawaban : 5-2-1-3-6-4

Soal 6
Berikut pernyataan yang salah mengenai ATP dan TP adalah...
Jawaban : Setiap guru harus mengacu pada ATP yang sama

Soal 7
Bu Ika adalah seorang guru Sejarah. Ia sedang menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) untuk materi “Kerajaan Islam”. Dalam melakukan hal ini menurut Bu Ika peserta didik perlu belajar “menganalisis kerajaan islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global”. Hal ini artinya Bu Ika memahami bahwa dalam penyusunan ATP harus mempertimbangkan.
Jawaban : Cakupan dan keluasan TP

Soal 8
Perhatikan pengaturan waktu belajar yang disusun berikut:
  1. Mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA akan diajarkan dari jam 07.00- 12.00 dalam semester 1
  2. Dalam satu tahun ajaran, pembelajaran IPS dibagi ke dalam 4 waktu (masing-masing 3 bulan). Mata pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi akan diajarkan secara bergantian di setiap semester. Semester 1 untuk Geografi dan Sejarah. Pada semester 2 untuk mata pelajaran Ekonomi dan Sosiologi.
Pengaturan waktu belajar seperti diatas merupakan contoh pengaturan belajar dengan model.
Jawaban : Blok

Disclaimer:
1. Artikel ini dibuat dan disajikan sebagai referensi bapak/ibu guru dalam mengerjakan post test.
2. Pembahasan dalam artikel ini bersifat terbuka, bapak/ibu guru dapat mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel